SAUDARA KU DI MANA PUN BERADA, SEIRING DATANGNYA 1 RAMADHAN 1433 H, MARILAH KITA SALING MEMBERSIHKAN DIRI, KEPADA ALLAH SWT KITA BERTAUBAT SESAMA MANUSIA KITA SALING BERMAAF-MAAFAN. MARI KITA PERBAIKI HUBUNGAN SILATURAHIM SESAMA UMAT, TERUTAMA PADA ORANG TUA, SUAMI ISTRI, SESAMA SAUDARA SEDARAH SERTA DENGAN KAUM KERABAT, JIRAN TETANGGA. SEMOGA DENGAN CARA DEMIKIAN, KITA BISA MENJALANI IBADAH PUASA DENGAN TENANG DAN MENDAPATKAN PAHALA YANG SETIMPAL DI SISI aLLAH SWT. UNTUK ITU, SAYA ATAS NAMA PRIBADI DAN KELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT MENJALANI IBADAH PUASA, MOHON MAAF ZAHIR DAN BATIN. SAUDARA KU, SESUNGGUHNYA BERHAJI MERUPAKAN SALAH SATU RUKUN ISLAM, YANG UNTUK MENJALANKANNYA KITA HARUS MEMILIKI TRESHOLD (NILAI AMBANG BATAS), KELAYAKAN, BAIK JASMANI, ROHANI MAUPUN MATERI. MAKANYA KALAU SUDAH SIAP, SEGERAKANLAH!!

Thursday 12 June 2008

Menyongsong hari jadi Pekanbaru di tahun 2008

. Thursday 12 June 2008

Jaminan Keamanan Kunci Menuju Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Catatan Yasril

PERKEMBANGAN Kota Pekanbaru yang sangat pesat ternyata memiliki fungsi ganda. Tidak saja sebagai ibu kota Provinsi Riau dan pusat pemerintahan, tapi juga sebagai pusat perdagangan dan jasa. Sehingganya nanti Pekanbaru pun menjadi tumpuan pertumbuhan ekonomi di Sumatera yang didukung oleh letak geografis Kota yang merupakan pusat transit dari berbagai daerah.

Selain itu membaiknya tingkat perekonomian masyarakat di Pekanbaru ini baik secara makro ekonomi maupun mikro ekonomi atau sektor informal juga dipicu oleh kestabilan tingkat keamanan daerah. Tidak seperti di beberapa kota besar lainnya yang sering dilanda aksi demo dan kerusuhan.

Ditetapkannya Pekanbaru sebagai kota transit yang berorientasi pada pusat perdagangan dan jasa ini sebenarnya secara langsung atau tidak telah menimbulkan minat warga untuk berusaha di sektor informal. Bahkan dari kenyataan di lapangan lajunya tingkat perkonomian warga lebih dominan disumbangkan dari sektor informal. Artinya, masyarakat Kota Pekanbaru lebih banyak bergerak di bidang perdagangan dan jasa, wiraswasta, wirausaha dibanding yang berkerja sebagai pegawai negeri.

Tingginya minat masyarakat untuk terjun di bidang perdagangan dan jasa ini pun ditandai dengan berbagai upaya pemerintah dalam menyediakan infrastruktur yang memadai serta pelayanan pemberian perizinan yang tidak berbelit-belit. Sebut saja, salah satu terobosan yang dilakukan Pemko Pekanbaru seperti pendirian unit pelayanan terpadu (UPT) yang di dalamnya mengurusi persoalan perizinan, surat menyurat yang erat kaitannya dengan pelayanan masyarakat.

Pelayanan yang maksimal tanpa diiringi permainan kongkalingkong yang sebelumnya sering terdengar sudah merupakan percontohan produk jasa yang di bidang lainnya juga diikuti pihak swasta atau penanam modal di kota ini.

''Dua fungsi kota sebagai pusat perdagangan dan jasa ini, ke depan harus lebih dimaksimalkan, sehingganya Pekanbaru nantinya bisa setaraf dengan kota besar lainnya baik di tanah air maupun ASEAN. Biasanya sebuah kota maju dan besar itu lebih menfungsikan diri sebagai pusat perdagangan dan jasa, tanpa mengenyampingkan fungsi kota lainnya, seperti sebagai pusat pendidikan, pusat kebudayaan dan sebagainya,'' kata Ketua DPRD Pekanbaru H Teguh Pribadi Arsyad SE.

Ia pun mencontohkan kota besar seperti Jakarta, Singapura dan Kualalumpur serta koat-kota besar lain baik di Indonesia maupun luar negeri . Majunya Jakarta, Singapura ataupun Kualalumpur itu lebih mengarah pada fungsi kota sebagai pusat perdagangan dan jasa.

Pekanbaru sendiri sebagai kota besar yang tengah berkembang juga akan mampu mencapai taraf seperti itu. Ini tidak saja disokong oleh RUTRK Kota yang juga bicara soal pusat perdagangan dan jasa, tapi juga didukung oleh kondisi geografis Kota Pekanbaru yang berada di pusat lintasan, baik kota-kota lain di Sumatera maupun dengan negara tetangga.
Sehingganya kata Wakil Wali Kota Pekanbaru H Erizal Muluk, saat ini Kota Pekanbaru telah memiliki lima gerbang utama untuk keluar masuk kota. Masing-masing Bagian Barat Daya merupakan gerbang untuk perjalanan dari dan ke Kota Bangkinang dan Padang (Sumbar). Bagian Selatan menghubungkan Pekanbaru dengan Taluk Kuantan dan Jambi. Bagian Tenggara menuju dan dari Rengat, Tembilahan, Jambi dan Palembang serta ke Pulau Jawa. Sedangkan bagian Timur menghubungkan Pekanbaru dengan Perawang, Siak serta bagian utara menghubungkan Pekanbaru dengan Dumai dan Medan (Sumut).

Selain itu, secara demografi atau kependudukan juga telihat nyata, bahwa hanya kota-kota dengan penduduk beragang atau heterogenlah yang bakal berkembang pesat. Terlebih lagi jika mayoritar dari penduduk itu memiliki mental sebagai usahawan atau saudagar. ''Ini bukan berarti kota atau daerah yang penduduknya homogen tidak berkembang, bukan, namun yang lebih berkembang pesat itu lebih dinominasi yang penduduknya heterogen,'' katanya lagi.
Sebab, paparnya dengan penduduknya yang heterogen akan menciptakan jiwa kompotitor terutama dalam kegiatan perdagangan atau bisnis secara dinamis untuk kemajuan bersama. ''Ini terlihat dengan banyaknya tumbuh pusat-pusat perdagangan ataupun perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Jarang sekali atau bahkan mungkin tidak ada satu usaha baik pusat perdagangan atau jasa yang hanya dikelola oleh satu etnis, pasti melibatkan banyak etnis dengan strata pendidikan yang beragam dengan berbagai tingkat kemampuan yang berbeda. Ini menandakan kemajuan yang siknifikan bagi perkembangan perekonomian kota ke depan,'' tuturnya lagi.

Sebagai Kota besar yang menuju status metroplis sesuai draf Rancangan Umum Tata Ruang Kota (RUTRK), Pekanbaru juga memberi peluang bagi investor untuk menanamkan modalnya di daerah ini. Sebut saja di sektor perindustrian. Sesuai RUTRK Pekanbaru, telah pula dirancang pusat kawasan industri di daerah Tenayan, Kecamatan Tenayan Raya. Wilayah yang memiliki hamparan datar ini juga memiliki akses ke transportasi air yang nantinya bisa dimanfaatkan para investor disektor industri.
Di sektor perdagangan dan jasa, Pekanbaru pun kian mengeliat. Bahkan Ketua DPRD Pekanbaru Teguh Pribadi pun meyakini, bahwa setiap jengkal tanah di Pekanbaru akan terbangun untuk berbagai kegiatan perdagangan dan jasa yang nantinya bisa menopang perekonomian rakyat.
Peluang lainnya bagi investror juga terlihat di sektor properti atau perumahan. Dengan berbagai kemudahan yang diberikan pemerintah di sektor perbankan, para investor pun kian mengeliat untuk memberikan akses perumahan mrah pada masyarakat yang membutuhkan. ***

0 komentar:

YASRIL RIAU Desain ByHendrawan and Support by Ridwan CCMD. All Right Seserved

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com