SAUDARA KU DI MANA PUN BERADA, SEIRING DATANGNYA 1 RAMADHAN 1433 H, MARILAH KITA SALING MEMBERSIHKAN DIRI, KEPADA ALLAH SWT KITA BERTAUBAT SESAMA MANUSIA KITA SALING BERMAAF-MAAFAN. MARI KITA PERBAIKI HUBUNGAN SILATURAHIM SESAMA UMAT, TERUTAMA PADA ORANG TUA, SUAMI ISTRI, SESAMA SAUDARA SEDARAH SERTA DENGAN KAUM KERABAT, JIRAN TETANGGA. SEMOGA DENGAN CARA DEMIKIAN, KITA BISA MENJALANI IBADAH PUASA DENGAN TENANG DAN MENDAPATKAN PAHALA YANG SETIMPAL DI SISI aLLAH SWT. UNTUK ITU, SAYA ATAS NAMA PRIBADI DAN KELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT MENJALANI IBADAH PUASA, MOHON MAAF ZAHIR DAN BATIN. SAUDARA KU, SESUNGGUHNYA BERHAJI MERUPAKAN SALAH SATU RUKUN ISLAM, YANG UNTUK MENJALANKANNYA KITA HARUS MEMILIKI TRESHOLD (NILAI AMBANG BATAS), KELAYAKAN, BAIK JASMANI, ROHANI MAUPUN MATERI. MAKANYA KALAU SUDAH SIAP, SEGERAKANLAH!!

Saturday 24 January 2009

Makin Berisi Makin Merunduk

. Saturday 24 January 2009


ILMU PADI
Ternyata betul, padi itu makin berisi makin merunduk. Seperti yang diajarkan guru kami di sekolah, kata Putri Yuliaswir anakku yang sulung dari tiga bersaudara ketika kami meninjau hamparan sawah dan melihat padi yang sudah menguning, beberapa waktu lalu

''Kata bu guru di sekolah, jadi orang itu haruslah seperti padi, yang makin banyak ilmunya makin santun, makin merendah dan tidak menyombongkan diri, seperti padi inilah. Betulkan pa,'' katanya lagi sambil memperhatikan setangkai padi.

Ya, ia lah. Satu hal lagi yang bisa dipetik dari padi ini adalah, meski setangkai padi memiliki banyak banyak buah. Namun tidak semua nya yang berisi, tentu ada pula yang hampa.

Namun semua itu tetap memiliki kegunaan. Yang masak menjadi padi, padi digiling jai beras beras dimasak jadi nasi penambah karbohidrat di tubuh manusia. Sedangkan padi yang hampa juga ada gunanya. Ia akan jatuh ke bumi dan itu akan jadi pupuk bagi tanaman lainnya. Artinya, semua orang itu memiliki fungsi masing-masing sesuai takarannya.

Makanya jadi orang itu nak, jangan menyombongkan diri. Usahakan kalau ada yang kecil ya,.. dikasihi, sesama besar dijadikan teman dan yang besar dihormati. Semoga jadi amal ibdah kelak nanti. Ya, kan... tentu ia lah..


Selain itu, padi yang tumbuh di sawah itu kalau dipandang akan terlihat seperti bertingkat-tingkat. karena sawah itu pun berpematang ada batasan-batasnnya, tidak rata melulu. Ini mengajarkan kita agar saling hormat menghormati tidak memandang rasa semua orang. Ya itu tadi yang tinggi atau tua atau yang dituakan agar dihormati, sesama besar dijadikan teman dan yang kecil disayangi. ***

0 komentar:

YASRIL RIAU Desain ByHendrawan and Support by Ridwan CCMD. All Right Seserved

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com