SAUDARA KU DI MANA PUN BERADA, SEIRING DATANGNYA 1 RAMADHAN 1433 H, MARILAH KITA SALING MEMBERSIHKAN DIRI, KEPADA ALLAH SWT KITA BERTAUBAT SESAMA MANUSIA KITA SALING BERMAAF-MAAFAN. MARI KITA PERBAIKI HUBUNGAN SILATURAHIM SESAMA UMAT, TERUTAMA PADA ORANG TUA, SUAMI ISTRI, SESAMA SAUDARA SEDARAH SERTA DENGAN KAUM KERABAT, JIRAN TETANGGA. SEMOGA DENGAN CARA DEMIKIAN, KITA BISA MENJALANI IBADAH PUASA DENGAN TENANG DAN MENDAPATKAN PAHALA YANG SETIMPAL DI SISI aLLAH SWT. UNTUK ITU, SAYA ATAS NAMA PRIBADI DAN KELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT MENJALANI IBADAH PUASA, MOHON MAAF ZAHIR DAN BATIN. SAUDARA KU, SESUNGGUHNYA BERHAJI MERUPAKAN SALAH SATU RUKUN ISLAM, YANG UNTUK MENJALANKANNYA KITA HARUS MEMILIKI TRESHOLD (NILAI AMBANG BATAS), KELAYAKAN, BAIK JASMANI, ROHANI MAUPUN MATERI. MAKANYA KALAU SUDAH SIAP, SEGERAKANLAH!!

Wednesday 3 September 2008

Legenda dari Negeri yang Terkoyak (2)

. Wednesday 3 September 2008

Jalan Malam Hari Tak Ada Lagi yang Ganggu
Laporan Yasril, Banda Aceh
Yasril123@yahoo.co.id

Cerita tentang Aceh, negeri bergolak selama ini selalu menjadi momok bagi masyarakat luar yang ingin berkunjung ke sana. Takut, kalau-kalau mendapat gangguan bahkan juga ancaman jiwa. Namun tidak sekarang. Semua telah pulih. Setidaknya perperangan, pergolakan sudah tiada menyusul datangnya gempa berkuatan besar beserta hempasan gelombang tsunami akhir 2004 lalu.


LEGENDA negeri bergolak itu kini tinggal legenda dan menjadi catatan sejarah bagi anak cucu kita ke depan. Kini Aceh sudah jauh berbeda disbanding ketika pertama kali saya mengunjung negeri ini sebelum datangnya hempasan tsunami. Pertikaian, pembakaran bunyi letusan pelur tidak lagi terdengar. Semua berganti dengan keakraban, kesetiakawanan, saling berangkulan satu sama lainnya dalam membangun masa depan yang cemelang.

Masing-masing penududuk dibantu berbagai lembaga social masyarakat (LSM) baik local maupun internasional berupaya bangkit dari keterpurukan di berbagai bidang. Baik di sector perekonomian, pertanian, perdagangan pendidikan maupun ilmu pengetahuan dan teknologi. Semua berupaya menjadikan Aceh, yang telah memberikan modal bagi RI pada era perang kemerdekaan, sebagai mode pembangunan negeri di ndonesia di masa depan.

Hal ini cukup beralasan, selain Aceh menerapkan system pemerintahan otonomi khusus, negeri ini juga mendapat serapan ebudayaan, iptek dari berbagai Negara di dunia. Semua itu pun dikarenakan dampak gempa besar dan tsunami yang tiada duanya di dunia. Sehingga memanggil kepedulian bangsa-bangsa di dunia untuk memulihkan Aceh.

Kini perekonomian rakyat sudah mulai membaik. Tingkat kemikinan pun sudah berkurang jauh. Bahkan menurut Wali Kota Banda Aceh, Mawardi Nurdin, tingkat kemiskinan masyarakat Aceh hanya sekitar 2 persen saja. ‘’Ini jauh berubah disbanding sebelum tsunami dan tahun-tahun pertama tsunami,’’ katanya.

Penurunan tingkat kemiskinan ini paparnya ditandai dengan mulai hidupnya sector informal, tumbuhnya ekonomi mikro serta adanya jaminan kemanan. ‘’Sebab, factor kemanan sangat berpengaruh besar. Aman negeri ini aman pulalah rakyat untuk berusaha dan itu jadi dambaan semua orang termasuk rakyat Banda aceh,’’ tegas Mawardi Nurdin.

Statemen Wali Kota Banda Aceh ini ternyata bukan kecap belaka. Meski diselimuti rasa was-was, namun ketika saya menoba mencari makanan pada malam hari sekitar pukul 00.00 WIB di Banda Aceh, saya merasakan apa yang diungkapkan Wali Kota di hadapan sejumlah wartawan nasional.

Bahkan, dari penglihatan kami, Kota Banda Aceh sudah mulai merangkak jadi kota 24 jam. Hal ini ditandai dengan masih adanya para pedagang kaki lima, asongan dan yang berjualan hingga larut malam, erutama di seputar Masjid Baiturrahman.

Hal ini pun diakui Amir, seorang supir bus antar kota antar provinsi di Aceh. Menurutnya, meski perekonomian masyarakat belum bagus betul namun jauh lebih baik dibanding sebelum terjadi gempa tsunami tahun 2004 lalu. ‘’Kini sudah amanlah. Dulu jangan diharap bias bepergian sore hingga malam hari, bisa-bisa tak pulang lagi, ditangkap atau ditembak. Kini mau jalan hingga larut malam pun aman-aman saja. Buktikan saja,’’ katanya.***

0 komentar:

YASRIL RIAU Desain ByHendrawan and Support by Ridwan CCMD. All Right Seserved

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com