SAUDARA KU DI MANA PUN BERADA, SEIRING DATANGNYA 1 RAMADHAN 1433 H, MARILAH KITA SALING MEMBERSIHKAN DIRI, KEPADA ALLAH SWT KITA BERTAUBAT SESAMA MANUSIA KITA SALING BERMAAF-MAAFAN. MARI KITA PERBAIKI HUBUNGAN SILATURAHIM SESAMA UMAT, TERUTAMA PADA ORANG TUA, SUAMI ISTRI, SESAMA SAUDARA SEDARAH SERTA DENGAN KAUM KERABAT, JIRAN TETANGGA. SEMOGA DENGAN CARA DEMIKIAN, KITA BISA MENJALANI IBADAH PUASA DENGAN TENANG DAN MENDAPATKAN PAHALA YANG SETIMPAL DI SISI aLLAH SWT. UNTUK ITU, SAYA ATAS NAMA PRIBADI DAN KELUARGA MENGUCAPKAN SELAMAT MENJALANI IBADAH PUASA, MOHON MAAF ZAHIR DAN BATIN. SAUDARA KU, SESUNGGUHNYA BERHAJI MERUPAKAN SALAH SATU RUKUN ISLAM, YANG UNTUK MENJALANKANNYA KITA HARUS MEMILIKI TRESHOLD (NILAI AMBANG BATAS), KELAYAKAN, BAIK JASMANI, ROHANI MAUPUN MATERI. MAKANYA KALAU SUDAH SIAP, SEGERAKANLAH!!

Sunday 12 October 2008

Krisis Ekonomi Global Rambah Petani Sawit

. Sunday 12 October 2008

TBS Hanya Diharga Rp200,-
KRISIS ekonomi global yang merambah sendi-sendi perekonomian dunia ternyata juga berimbas pada pendapatan petani sawit. Sawit yang dulu dianggap sebagai tambang rupiah dan dolar, ternyata kini tak berkutik.


Di Teluk Kuantan, Kabuaten Kuantan Singingi, Riau, harga tandan buah segar (TBS) saat ini terjun bebas dari harga biasanya Rp2.100/kg menjadi Rp500/kg. Sementara di Kecamata Tanah putih, Kabupaten Rokan Hilir TBS hanya dinilai Rp200/kg. Dan ini terlihat nyata hampir di semua tempat penampungan sawit di Riau, menyusul anjloknya harga CPO di pasar internasional.

Di tingkat pasaran luar plasma, TBS hanya diharga Rp500/kg, sementara di tingkat plasma masih bisa dengan harga Rp740/kg. ‘’Harga ini diperkirakan akan terus berfluktuasi. Namun untuk sementara di tingkat plasma, kita masih bisa bertahan dengan harga Rp740/kg. Itu pun melihat kondisi pasar ke depan,’’ kata Manager Umum PT Citra Riau Sarana Syafrizal Ahad (12/10) di Teluk Kuantan.

Jika kedaan ini terrus berlangsung, yang paling dirugikan adalah para petani sawit. Karena tidak lagi seimbang antara biaya operasional dan pemeliharaan kebun dengan hasil yang diperoleh. Untuk itu perlu solusi agar petani tidak terus menanggung kerugian.(ril)

0 komentar:

YASRIL RIAU Desain ByHendrawan and Support by Ridwan CCMD. All Right Seserved

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com